Membuat Long Shadow dengan Corel Draw


Efek Long Shadow ini memang sedang populer di dalam dunia desain grafis, terutama di ranah User Inteface Design, efek ini populer bersamaan dengan kepopuleran flat design yang sekarang hampir dipakai di seluruh ekosistem UI  perangkat mobile, website, dsb. Seperti tampilan pada Android 6.0 Marshmallow, atau tampilan metro UI milik windows 8 / 10.

Flat design dan efek long shadow ini walaupun berkesan datar tanpa adanya ruang tetapi memberikan kesan modern, simpel, dan rapi, cocok dengan perangkat modern saat ini. Dan kali ini smplsprfct akan membagikan tutorial gimana sih membuat efek Long Shadow ini.. Langsung aja diikuti step by stepnya..


  • Pertama adalah buat sebuah objek atau text yang nantinya akan diberikan efek long shadow, kali ini saya gunakan text meow, dan buat sebuah background terserah kalian mau menggunakan persegi atau bulat.


  • Setelah semua objek siap, kita berikan warna di background dan objek/ text, pilihlah wana pastel atau warna yang soft karena flat design tidak mengedepankan kedalaman, efek, atau gradien.

  • Setelah memberikan warna kita seleksi objek / text yang ingin diberikan efek long shadow, lalu kita pilih tool Extrude






  • setelah meng-klik tool Extrude kita klik ditengah objek / text dan tarik kearah yang kalian inginkan, dan long shadow biasanya terletak di bagian kanan / kiri bawah. Usahakan efek long shadow yang kalian tarik melewati kotak background yang kalian buat.

  • Setelah itu kita mulai pewarnaan long shadow, tetap dalam seleksi extrude maka diatas akan keluar toolbar seperti di gambar, lalu kita pilih solid color, digambar ditunjukan kotak dengan warna oranye.



  • Setelah itu klik kotak warna dibawah, dan gunakan color picker untuk mengambil warna bacground yang kamu buat, setelah itu pilih warna yang lebih gelap dari warna background mu.

  • Sudah kelihatan kan bentuk long shadow nya? nah tetapi di bawah masih terlihat aneh karena efeknya melewati garis, untuk menghilangkannya kita klik efek long shadow nya.

  • Klik kanan pada mouse, lalu pilih Break Extrude Group Apart, untuk memisahkan antara objek / text dengan long shadow.



  • Setelah terpisah, seleksi long shadow yang telah terpisah tadi lalu klik kanan pada mouse pilih PowerClip Inside, lalu akan muncul cursors berwarna hitam, klik background yang kalian buat. nah efek long shadow telah masuk ke dalam background mu.

  • Jadilah flat design dengan efek long shadow kalian, sekarang kalian bisa buat sesuai kreatifitas dan  suka - suka kalian setelah menguasai cara diatas.
Gimana? Gak susah kan buatnya ? Sekian dari saya, semoga tutorial kali ini bisa membantu kalian semua.. Keep Simple Meowww!! =^-^=  



Tidak ada komentar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar