Makna Tersembunyi dibalik 5 Logo Terkenal


Logo dapat menjadi sebuah identitas yang berhasil ketika dia bisa mewujudkan citra positif dari sebuah perusahaan atau instansi, dan dalam sebuah logo makna atau filosofi adalah hal yang sangat penting. Sebuah logo bisa menjadi unik saat dia memiliki makna, bentuk, dan filosofi yang dalam, Seperti yang akan saya bahas kali ini yaitu tentang makna tersembunyi dari beberapa logo terkenal yang mungkin kamu baru tau setelah membaca ini..


Carrefour

Logo yang dirancang oleh Miles Newlyn ini memiliki semacam karakteristik yang setelah kalian melihatnya, kalian akan selalu mengingat hal itu terus atau kalian ga bakal bisa lupa lagi. Ruang negatif berbentuk huruf "c" diposisikan di tengah - tengah logo utama yaitu bentuk panah merah dan biru.. Masih belum ngeliat? perhatikan lebih detil lagi :D
Cerita menarik di balik merek ini adalah kenyataan bahwa Logo Carrefour ini terdiri dari dua panah, menunjuk kiri dan kanan, yang mencerminkan makna harfiah dari kata  berbahasa Prancis "carrefour" ( yang artinya "persimpangan jalan"). Tapi juga, dalam interpretasi yang lebih simbolik, "persimpangan jalan" tersebut dapat dipahami sebagai beberapa pilihan produk yang ditawarkan oleh jaringan supermarket ini. Dan perlu kalian tau warna dari logo tersebut adalah warna dari bendera Perancis.. yaitu Negara asal dari Carrefour ini. 


FedEx



Dirancang oleh Leadercreative, logo Fedex dengan panah yang tersembunyi di antara huruf E dan X adalah salah satu contoh terbaik dari penggunaan ruang negatif dalam struktur logo. Hal tersebut membuatnya unik dan keren, tetapi yang terbaik adalah bahwa logo tersebut menampilkan secara konseptual terkait dengan esensi dari bisnis yang diwakilinya. Seperti yang diungkapkan oleh Leadercreative , panah adalah simbol untuk kecepatan dan presisi; kedua nilai-nilai inti dari FedEx itu sendiri.


Toblerone



Taukah kalian kalo cokelat Swiss yang terkenal di dunia ini ternyata memiliki Beruang tersembunyi di salju dari puncak Matterhorn yang diilustrasikan dalam logo mereka. Gunung ini terletak di perbatasan antara Swiss dan Italia, itu menjelaskan kenapa ilustrasi gunung itu dibuat, tapi bagaimana dengan maksud beruang itu? Itu adalah penghormatan ke kota Bern, di mana Toblerone awalnya diproduksi di kota itu; dan beruang adalah simbol resmi kota tersebut.
Sebuah fakta yang unik lagi tentang logo ini yaitu dari namanya. Nama Toblerone berasal dari kata portmanteau, yaitu kata yg tercipta dari gabungan dua kata atau lebih, dan merupakan kombinasi dari nama penciptanya "Tobler" dengan kata "torrone", yaitu sejenis makanan tradisional seperti nougat yg berasal di Italia. 


Sony Vaio
Dirancang oleh Timothy Hanley, logo Sony Vaio adalah salah satu contoh terbaik dari makna tersembunyi yang hanya dapat dilihat jika kalian memahami sedikit tentang bagaimana komputer bekerja; mungkin logo yang dibuat untuk para Geeks / jomblo berpacar komputer LOL XD. 
Di Sisi kiri logo adalah visualisasi dari dari simbol gelombang, yang mewakili gagasan teknologi analog. dan sisi kanan logo tersebut adalah visualisasi dari angka "1" dan "0", yaitu dua digit digunakan dalam komputasi biner digital. dan taukah kamu apa sih sebenernya arti dari Vaio, VAIO adalah singkatan dari Video Audio Intelligent Organizer.


Sun Microsystems



Dirancang oleh Vaughan Pratt, profesor ilmu komputer di Stanford University, logo ini adalah salah satu contoh terbaik dari logo besar yang dirancang sendiri oleh "orang komputer". logo SUN merupakan logo ambigram, yaitu suatu bentuk desain tipografi yang memungkinkan sebuah kata untuk dibaca dari orientasi yang berbeda. Apakah kalian melihat kata "SUN" didalam logo tersebut dalam empat arah yang berbeda? Ya itulah ambigram.
Logo ini cukup membuktikan keyakinan saya bahwa siapa pun dapat merancang logo dengan baik. Versi asli logo ini dirancang dengan warna oranye, warna yang berhubungan dengan matahari. Tetapi akhirnya dirubah menjadi ungu dan akhirnya ke biru.


Seperti halnya membaca puisi, mendesain logo perlu penghayatan untuk mencapai dan memunculkan keunikan dan pendalaman bagi audience atau sasaran kita.. dimana hal itu bisa dilakukan dengan memberikan sentuhan filosofi dan makna tersembunyi seperti pada 5 Logo unik diatas. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi. Meong mau ngerjain tugas dulu yaa.. bye meww =^・ェ・^=



sumber
Tidak ada komentar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar